Unique Advertising Media
Hi! Kali ini saya akan membahas sebuah brand
yang cukup besar di Indonesia, saya akan membahas dari segi pemasaran brand
ini. Menurut saya brand yang yang saya pilih ini memiliki keunggulan dalam
pemilihan media pemasaran dan pengiklanan produk mereka. Brand yang ingin saya
angkat adalah AQUA. AQUA Grup merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)
di Indonesia yang didirikan pada 1973 dan kemudian menjalin kemitraan strategis
dengan Danone pada 1998. AQUA memiliki misi ingin memberikan inspirasi kepada
masyarakat Indonesia mengenai hidrasi yang sehat. AQUA memproduksi AMDK dan
minuman ringan non karbonasi yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan secara
keilmuan.
AQUA menerapkan nilai-nilai Danone yang
menggambarkan visi dan etika bisnis yang unik. Nilai-nilai yaitu Kemanusiaan,
Keterbukaan, Kedekatan dan Antusiasme dipupuk dan terus ditanamkan pada
karyawan guna menggerakkan Perusahaan ke arah yang lebih baik. Nilai-nilai ini
juga memandu setiap pengambilan keputusan dan cara pandang profesional
Perusahaan.
Kita hampir bisa membeli produk air minum AQUA
di manapun, di warung, minimarket, dan hypermarket. AQUA menjual produk air
minum dalam kemasan mereka di dalam beberapa ukuran, mulai dari 330 ml, 450 ml,
600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas plastik ukuran 240 ml dan
kemasan galon 19 liter. AQUA menjanjikan
bahwa produknya berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala
kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara.
Dari segi pemasaran sudah tidak diragukan lagi,
siapa yang tidak tahu produk AQUA? Bisa dikatakan produk AQUA merupakan
perintis adanya AMDK atau air minum dalam kemasan yang ada di Indonesia, bahkan
di negara-negara lain seperti negara Malaysia, Singapura, dan Brunei. Air minum
ini bisa dikatakan sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, selain karena
distribusi barang yang sudah sampai ke pelosok-pelosok Indonesia, produk ini
memiliki banyak sekali program dan kampanye yang berkontribusi dalam
pendistribusian air bersih di Indonesia.
Brand AQUA selalu mengganti tagline yang mereka
miliki di setiap periode dan program yang mereka buat. Hal ini menjadi salah
satu pembeda yang cukup unik dibandingkan dengan produk-produk AMDK merk
lainnya. AQUA membuat berbagai macam kampanye yang mereka implementasikan
langsung di iklan-iklan maupun di kemasan produk yang mereka pasarkan. Beberapa
contoh slogan-slogan yang dibuat AQUA sesuai dengan kampanye yang sedang mereka
adakan adalah #AdaAQUA , #AQUA242 , #TemukanIndonesiamu, #1Untuk10 ,
#AQUADalamDirimu, #HanyaAQUA, dan masih banyak lagi. Di setiap slogan yang AQUA
buat dalam iklan maupun produk mereka, selalu ada cerita yang ada dibaliknya,
#AdaAQUA adalah sebuah slogan yang dibuat untuk mengingatkan kita untuk selalu
terhidrasi dengan baik dengan meminum AQUA, saat kita hilang fokus maka kita
butuh AQUA. Ada beberapa macam versi iklan yang memperlihatkan orang-orang yang
kehilangan focus karena dehidrasi. Tak lupa, siapa sih yang tidak tahu jingle khas
AQUA di bagian akhir semua iklannya, dari hanya mendengarkan nadanya saja, kita
sudah bisa tahu itu iklan AQUA.
Untuk strategi penyampaian pesan , AQUA
menggunakan pendekatan “Piece of Life” atau kejadian dan kegiatan sehari-hari
dalam hidup kita, sehingga penyampaian pesan bisa terasa lebih dekat di hati
audience. Seperti kampanya #AdaAQUA dan #AQUA242, pendekatan visual yang
diambil oleh AQUA adalah kejadian-kejadian dalam pekerjaan ataupun keseharian
yang bisa berakibat fatal ketika kita hilang focus karena dehidrasi. Secara
khusus, slogn #AQUA242 dibuat pada saat momen bulan puasa sehingga 242 itu
sendiri merupakan singkatan dari 3 langkah untuk selalu terhidrasi dengan baik
dengan meminum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas di saat
sahur. Selain mengambil setting kejadian piece
of life yang terjadi di perkotaan dan lingkungan kerja, AQUA juga melakukan
pendekatan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan pelosok dengan membantu
distribusi air bersih dengan slogan #TemukanIndonesiamu mengangkat cerita
seorang anak rantau yang pulang ke desanya dan ingin membantu masa tua ibunya
yang tinggal di desa yang masih sulit listrik. Cerita yang dibangun sedemekian
rupa sehingga bisa terasa dekat di hati audience.
Selain iklan-iklan yang dibangun sesuai dengan
program yang dimiliki AQUA, salah satu keunikan tersendiri dari strategi
pemasaran AQUA adalah kemasan produk mereka menggunakan desain-desain
illustrasi yang sangat menarik, karya-karya Anak Indonesia. Bentuk kampanye dan
promosi yang mereka buat selalu dikemas secara menarik dalam kemasan produk
mereka, sehingga saat memilih produk AMDK , merk AQUA menjadi salah satu
pertimbangan, karena memiliki kemasan yang beragam dan menarik. Menurut saya
pribadi, AQUA melakukan langkah cukup berani dengan menggunakan kemasan produk
mereka sendiri sebagai media pemasaran.
AQUA juga menjadi sponsor program pertandingan
sepak bola yang diselenggarakan oleh DANONE untuk anak-anak seluruh Indonesia.
AQUA menjadi sponsor acara Danone Nations Cup yang mengkualifikasi anak-anak
bangsa yang mendaftar menjadi tim sepak bola dan pemenangnya akan bertanding di
Barcelona.
Kesimpulan yang bisa saya ambil dari pembahasan
diatas adalah AQUA selalu memiliki cara yang unik dalam melakukan pendekatan
terhadap konsumer mereka. AQUA menyampaikan pesan dengan berbagai media, bahkan
kemasan produk mereka sendiri yang dibuat menarik sehingga eye-catching dibandingkan dengan produk AMDK lainnya. AQUA
mengutamakan kampanye dengan mengangkat cerita-cerita piece of life sehingga terasa lebih dekat di hati konsumer. AQUA
juga selalu memperbarui slogan dan kampanye mereka sesuai dengan event-event
yang sedang berlangsung. Sehingga, consumer juga merasa produk AQUA merupakan
produk yang up-to-date. Hal ini bisa
dilakukan AQUA karena AQUA merupakan salah satu pelopor produk AMDK sehingga
memicu AQUA untuk berpikir selalu kreatif dalam melawan brand-brand lainnya.
Comments
Post a Comment