Unique Advertising Media




Hi! Kali ini saya akan membahas sebuah brand yang cukup besar di Indonesia, saya akan membahas dari segi pemasaran brand ini. Menurut saya brand yang yang saya pilih ini memiliki keunggulan dalam pemilihan media pemasaran dan pengiklanan produk mereka. Brand yang ingin saya angkat adalah AQUA. AQUA Grup merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia yang didirikan pada 1973 dan kemudian menjalin kemitraan strategis dengan Danone pada 1998. AQUA memiliki misi ingin memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia mengenai hidrasi yang sehat. AQUA memproduksi AMDK dan minuman ringan non karbonasi yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

AQUA menerapkan nilai-nilai Danone yang menggambarkan visi dan etika bisnis yang unik. Nilai-nilai yaitu Kemanusiaan, Keterbukaan, Kedekatan dan Antusiasme dipupuk dan terus ditanamkan pada karyawan guna menggerakkan Perusahaan ke arah yang lebih baik. Nilai-nilai ini juga memandu setiap pengambilan keputusan dan cara pandang profesional Perusahaan.

Kita hampir bisa membeli produk air minum AQUA di manapun, di warung, minimarket, dan hypermarket. AQUA menjual produk air minum dalam kemasan mereka di dalam beberapa ukuran, mulai dari 330 ml, 450 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas plastik ukuran 240 ml dan kemasan galon 19 liter. AQUA  menjanjikan bahwa produknya berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara.

Dari segi pemasaran sudah tidak diragukan lagi, siapa yang tidak tahu produk AQUA? Bisa dikatakan produk AQUA merupakan perintis adanya AMDK atau air minum dalam kemasan yang ada di Indonesia, bahkan di negara-negara lain seperti negara Malaysia, Singapura, dan Brunei. Air minum ini bisa dikatakan sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, selain karena distribusi barang yang sudah sampai ke pelosok-pelosok Indonesia, produk ini memiliki banyak sekali program dan kampanye yang berkontribusi dalam pendistribusian air bersih di Indonesia.

Brand AQUA selalu mengganti tagline yang mereka miliki di setiap periode dan program yang mereka buat. Hal ini menjadi salah satu pembeda yang cukup unik dibandingkan dengan produk-produk AMDK merk lainnya. AQUA membuat berbagai macam kampanye yang mereka implementasikan langsung di iklan-iklan maupun di kemasan produk yang mereka pasarkan. Beberapa contoh slogan-slogan yang dibuat AQUA sesuai dengan kampanye yang sedang mereka adakan adalah #AdaAQUA , #AQUA242 , #TemukanIndonesiamu, #1Untuk10 , #AQUADalamDirimu, #HanyaAQUA, dan masih banyak lagi. Di setiap slogan yang AQUA buat dalam iklan maupun produk mereka, selalu ada cerita yang ada dibaliknya, #AdaAQUA adalah sebuah slogan yang dibuat untuk mengingatkan kita untuk selalu terhidrasi dengan baik dengan meminum AQUA, saat kita hilang fokus maka kita butuh AQUA. Ada beberapa macam versi iklan yang memperlihatkan orang-orang yang kehilangan focus karena dehidrasi. Tak lupa, siapa sih yang tidak tahu jingle khas AQUA di bagian akhir semua iklannya, dari hanya mendengarkan nadanya saja, kita sudah bisa tahu itu iklan AQUA.


Untuk strategi penyampaian pesan , AQUA menggunakan pendekatan “Piece of Life” atau kejadian dan kegiatan sehari-hari dalam hidup kita, sehingga penyampaian pesan bisa terasa lebih dekat di hati audience. Seperti kampanya #AdaAQUA dan #AQUA242, pendekatan visual yang diambil oleh AQUA adalah kejadian-kejadian dalam pekerjaan ataupun keseharian yang bisa berakibat fatal ketika kita hilang focus karena dehidrasi. Secara khusus, slogn #AQUA242 dibuat pada saat momen bulan puasa sehingga 242 itu sendiri merupakan singkatan dari 3 langkah untuk selalu terhidrasi dengan baik dengan meminum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas di saat sahur. Selain mengambil setting kejadian piece of life yang terjadi di perkotaan dan lingkungan kerja, AQUA juga melakukan pendekatan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan pelosok dengan membantu distribusi air bersih dengan slogan #TemukanIndonesiamu mengangkat cerita seorang anak rantau yang pulang ke desanya dan ingin membantu masa tua ibunya yang tinggal di desa yang masih sulit listrik. Cerita yang dibangun sedemekian rupa sehingga bisa terasa dekat di hati audience.

Selain iklan-iklan yang dibangun sesuai dengan program yang dimiliki AQUA, salah satu keunikan tersendiri dari strategi pemasaran AQUA adalah kemasan produk mereka menggunakan desain-desain illustrasi yang sangat menarik, karya-karya Anak Indonesia. Bentuk kampanye dan promosi yang mereka buat selalu dikemas secara menarik dalam kemasan produk mereka, sehingga saat memilih produk AMDK , merk AQUA menjadi salah satu pertimbangan, karena memiliki kemasan yang beragam dan menarik. Menurut saya pribadi, AQUA melakukan langkah cukup berani dengan menggunakan kemasan produk mereka sendiri sebagai media pemasaran.

AQUA juga menjadi sponsor program pertandingan sepak bola yang diselenggarakan oleh DANONE untuk anak-anak seluruh Indonesia. AQUA menjadi sponsor acara Danone Nations Cup yang mengkualifikasi anak-anak bangsa yang mendaftar menjadi tim sepak bola dan pemenangnya akan bertanding di Barcelona.

Kesimpulan yang bisa saya ambil dari pembahasan diatas adalah AQUA selalu memiliki cara yang unik dalam melakukan pendekatan terhadap konsumer mereka. AQUA menyampaikan pesan dengan berbagai media, bahkan kemasan produk mereka sendiri yang dibuat menarik sehingga eye-catching dibandingkan dengan produk AMDK lainnya. AQUA mengutamakan kampanye dengan mengangkat cerita-cerita piece of life sehingga terasa lebih dekat di hati konsumer. AQUA juga selalu memperbarui slogan dan kampanye mereka sesuai dengan event-event yang sedang berlangsung. Sehingga, consumer juga merasa produk AQUA merupakan produk yang up-to-date. Hal ini bisa dilakukan AQUA karena AQUA merupakan salah satu pelopor produk AMDK sehingga memicu AQUA untuk berpikir selalu kreatif dalam melawan brand-brand lainnya.


Comments

Popular Posts