Review Iklan Bukalapak
Hi! Masih tidak jauh-jauh dari dunia desain, media, dan
periklanan, kali ini aku akan me-review sebuah iklan dari salah satu perusahaan
e-commerce terbesar di Indonesia. Siapa sih yang gak tau Bukalapak? Bukalapak
merupakan salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia yang menyediakan
sarana jual–beli dari konsumen ke konsumen. Semua orang dapat membuka toko
online di Bukalapak dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi
satuan maupun banyak. Bukalapak memiliki slogan jual-beli online mudah dan
terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli
jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak. Tidak jarang kalian melihat
iklan-iklan dari perusahaan ini, tagline yang dimiliki perusahaan ini adalah
“Buka aja di Bukalapak”. Sebuah tagline yang singkat, padat, dan jelas
sehingga mudah untuk diingat kostumer
yang melihat maupun mendengarkan iklan perusahaan ini.
Secara spesifik, ada sebuah iklan milik Bukalapak yang cukup
menarik perhatianku. Iklan ini aku temukan di youtube. Video iklan ini
berdurasi 3 menit 36 detik, Ya! Seperti yang kalian pikirkan, durasi iklan ini
cukup panjang namun ada sebuah hal yang menarik perhatianku untuk mau melihat
iklan Bukalapak yang satu ini. Hal tersebut adalah judul atau headline yang
dimiliki iklan ini, yaitu “Zaman Tak Bisa Dilawan , Tapi Bisa Diajak Berkawan”.
Sebuah kalimat judul yang terdiri dari dua buah frasa yang berima sehingga
cukup enak untuk dibaca ataupun didengarkan. Iklan ini ingin mempromosikan
suatu program baru miliki Bukalapak bernama Mitra Bukalapak. Apa itu Mitra
Bukalapak? Mitra Bukalapak adalah salah satu program yang dimiliki Bukalapak
yang memberikan kesempatan kepada semua orang Indonesia, di mana pun mereka
berada, untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha sampingan menjadi
Mitra Bukalapak. Dengan menjadi agen, mereka bisa berjualan produk ataupun jasa
yang ada di Bukalapak. Tak perlu pusing memikirkan berapa modal yang dibutuhkan
untuk menjadi agen, karena mereka tidak membutuhkan modal apa pun untuk menjadi
Mitra Bukalapak.
Iklan ini menggunakan setting short movie yang menunjukkan
kehidupan para pemilik warung yang sudah tidak bisa mendapatkan banyak
keuntungan karena susah untuk mendapatkan supplier barang dagangan yang ia
jual. Salah satu kalimat yang diucapkan pemilik warung tersebut adalah “…coba
bayangin mas, pesen stok sekarang datengnya minggu depan, susah mas..” Dari
potongan dialog tersebut Bukalapak ingin menunjukkan bahwa banyak sekali
pemilik warung dan took kecil yang susah untuk bertahan karena perkembangan
jaman, dan banyaknya saingan. Maka dari itu, Bukalapak memberikan solusi ini
kepada para pemilik usaha kecil dan warung. Bukalapak menunjukkan berbagai
macam keuntungan yang didapatkan , jika menjadi Mitra Bukalapak, seperti “Pesan
an stok tiba di hari yang sama” dan “ Bayar bisa dengan pinjaman”. Iklan ini juga menyertakan beberapa testimoni
pemiliki usaha yang sudah menjadi Mitra Bukalapak, salah satu kalimat yang
diucapkan adalah “Pokonya Bapak terbantu sekali, dan Bapak sangat berterima
kasih sama yang membuat aplikasi ini”. Di akhir iklan ini Bukalapak menuliskan
bahwa sejak tahun 2017 Bukalapak menerobos batas untuk membawa warung naik
kelas. Karena zaman tidak bisa dilawan, tapi bisa diajak berkawan.
#WarungNaikKelas. Kalimat-kalimat yang digunakan memiliki diksi yang cukup
kreatif yang disusun dengan gaya Bahasa atau majas yang cukup hiperbola
(menerobos) dan metafora.
https://agen.bukalapak.com/daftar-mitra
https://www.bukalapak.com/about
Comments
Post a Comment